IKUTAN DAPETIN GIVEAWAY
GRATIS DI MEDIATIZEN.COM

MAU DONG!

Jan 23, 2020 - 02:58
pb1
post image

Sepuluh Alasan Utama Mengapa Strategi Pemasaran Buku Anda Tidak Berfungsi

Bisnis penerbitan telah berubah secara dramatis dalam beberapa tahun terakhir. Saat ini, hampir semua orang bisa menerbitkan buku. Ratusan ribu buku baru beredar setiap tahun. Tetapi sangat sedikit orang yang berhasil dalam hal pemasaran buku-buku mereka, dengan rata-rata jumlah penjualan sekitar 200 selama masa penulisnya. Buku pemasaran merupakan tantangan nyata bagi banyak orang. Dalam pekerjaan saya dengan ratusan penulis, saya telah mengidentifikasi 10 alasan utama mengapa strategi pemasaran buku mungkin gagal.

1. BUKU DAN / ATAU PENULIS TIDAK TERLIHAT


Saat ini Internet adalah sumber utama informasi bagi pembeli buku. Tetapi bahkan mereka yang membeli buku di dunia 'nyata' menggunakan Internet untuk melakukan penelitian sebelum membeli di dunia nyata.


Pembeli buku, saat melakukan penelitian, TIDAK akan mencari berdasarkan nama Anda atau judul buku Anda. Mereka akan mencari menggunakan frasa yang sangat umum seperti 'buku anak-anak' atau 'thriller' atau 'spy novel'.


Ini adalah fakta bahwa hampir tidak ada orang yang melampaui halaman tiga hasil mesin pencari. Penulis yang berharap dapat dilihat oleh publik pembeli buku harus berada di salah satu dari tiga halaman pertama untuk PERSYARATAN PENCARIAN UMUM (seperti 'buku anak-anak) yang menjelaskan buku-buku mereka. Jika Anda tidak berada di salah satu dari tiga halaman pertama untuk istilah umum itu, Anda hampir tidak terlihat oleh hampir semua pembeli buku. Jika Anda tidak terlihat, tidak ada hal lain yang Anda lakukan dalam memasarkan buku Anda yang akan sangat berarti.


2. PENULIS MUNGKIN MENGGUNAKAN PENDEKATAN YANG SALAH


Jika Anda menggunakan ide-ide pemasaran buku dan strategi pemasaran buku yang DIGUNAKAN untuk bekerja (ketika toko buku adalah outlet buku utama) strategi-strategi pemasaran kemungkinan besar tidak akan bekerja sama sekali di Internet. Bahkan, Anda kemungkinan besar akan gagal.


Saat ini, situs-situs Internet telah menjadi pusat perhatian dalam hal menjadi outlet buku utama. Agar berhasil dalam hal penjualan buku hari ini, Anda harus memiliki lalu lintas ke situs pemasaran buku Anda, dan Anda harus memiliki banyak buku. Anda harus tahu cara mengubah lalu lintas itu menjadi penjualan buku. Semua lalu lintas di dunia tidak masalah jika tidak dikonversi ke penjualan.


3. PENULIS KURANGNYA STRATEGI SEO YANG EFEKTIF


Di 'masa lalu' (hanya beberapa tahun yang lalu) strateginya adalah memberi tahu sebanyak mungkin orang bahwa sebuah buku ada dan menunggu penjualan masuk. Strategi ini 'berteriak dan beri tahu sebanyak mungkin orang', strategi tidak berfungsi hari ini, karena Internet didorong oleh mesin pencari. Memberitahu banyak orang adalah pekerjaan yang sangat sulit, sangat mahal dalam hal uang dan waktu, dan bergantung pada jumlah besar untuk menghasilkan hasil yang kecil.


Dalam lingkungan Internet saat ini, pembeli buku potensial mulai dengan mengetikkan frase umum ke dalam mesin pencari, pada dasarnya mengatakan 'Inilah yang saya cari'. Situs buku kemudian diindeks oleh mesin berdasarkan pada seberapa penting mereka muncul sehubungan dengan frasa umum yang dimasukkan dan dalam hal bagaimana situs tertentu disusun melawan persaingan untuk frasa umum tersebut.

MESIN PENCARIAN memutuskan siapa yang penting dan mereka memutuskan siapa yang akhirnya dilihat oleh publik yang membeli buku. Pikirkan mesin pencari sebagai direktori halaman kuning. Anda hanya akan terdaftar dalam direktori kuning online raksasa satu-of-a-kind ini jika Anda memahami dan mengikuti aturan SEO yang diberikan oleh mesin. Jika Anda tidak tahu dan mengerti aturannya, Anda akan berada di akhir daftar. Dan, jika Anda berada di akhir daftar, tidak ada yang akan menemukan Anda, karena mereka mungkin akan melihat hanya tiga halaman pertama.


4. PENULIS MENYAMPAIKAN PESAN YANG SALAH


Pembeli buku tertarik pada satu hal, dan hanya satu hal - APA BUKU ANDA AKAN LAKUKAN UNTUK MEREKA.


Seringkali penulis suka membicarakan hal-hal lain. Tetapi pembeli buku tidak benar-benar tertarik pada sejarah penulis, bagaimana penulis datang untuk menulis buku, apa yang menyebabkan penulis untuk menulisnya, bagaimana penulis berjuang. Mereka ingin tahu apa yang akan dilakukan buku ini untuk MEREKA. Anda harus berbicara dengan KEBUTUHAN PEMBELI KHUSUS. Penulis harus melakukan ini. Jika tidak, mereka akan memiliki pengunjung, tetapi bukan pembeli buku.


Pesan yang diinginkan harus dikomunikasikan kepada pembeli buku dalam waktu kurang dari 30 detik. Anda harus tahu apa yang sebenarnya diinginkan oleh profil pasar target Anda, dan Anda harus memberikannya lebih efektif daripada pesaing. Jika Anda tidak mengatakan apa yang ingin didengar oleh pembeli buku potensial, mereka tidak akan pernah membeli buku Anda. Strategi pemasaran buku Anda harus berbicara dengan kebutuhan pembeli.


5. PENULIS TIDAK BERKOMUNIKASI MEREK YANG KUAT


Ketika pembelanja Internet beralih ke mesin, pembelanja dihadirkan dengan jutaan penulis dan situs penulis. Anda mungkin terlihat sangat seperti orang lain. Buku Anda mungkin 'hanya buku lain' bagi pembelanja itu. Apa yang Anda katakan kepada calon pembeli yang TIDAK ADA SATU LAIN katakan? Tanpa riset yang tajam, satu-satunya merek yang berbicara langsung dengan kebutuhan pembeli, karena MEREKA memahami kebutuhan itu, Anda AKAN tampak seperti orang lain. Strategi pemasaran buku yang hebat harus mengkomunikasikan merek yang kuat.


6. PENULIS TIDAK POSISI DENGAN BENAR


Ketik frasa umum seperti 'buku anak-anak' di mesin Google hari ini dan Anda akan mendapatkan lebih dari 30 juta daftar. Setiap halaman itu disajikan kepada pembeli buku potensial itu. Buku Anda hanyalah satu dari jutaan daftar itu. Sebagai seorang penulis, ANDA tahu buku Anda tidak seperti yang lainnya, tetapi PEMBELI BUKU tidak, kecuali Anda telah mengambil posisi pemasaran yang kuat. Strategi pemasaran buku yang efektif harus memposisikan Anda dalam kaitannya dengan kompetisi.


7. PENULIS TIDAK MENGGUNAKAN PANGGILAN EFEKTIF UNTUK AKSI


Semua situs pemasaran adalah situs web, tetapi sangat sedikit situs web yang merupakan situs pemasaran. Situs pemasaran buku harus tajam dan jelas, bersih, dan harus mencap pengarang serta memposisikan pengarang lebih baik daripada pesaing. Harus ada peta logis, selangkah demi selangkah untuk diikuti pengunjung dan harus ada seruan untuk bertindak di semua tempat yang tepat. Jika Anda tidak melakukan ini, Anda mungkin berakhir dengan pengunjung tetapi ingat: pengunjung bukan pembeli buku dan tidak akan menjadi pembeli buku tanpa merek yang tajam, penentuan posisi yang tepat, dan ajakan bertindak yang kuat.


Siapa pun dapat membangun situs web. Tapi sebuah situs web hanyalah situs web lain. Situs pemasaran buku, di sisi lain, harus menjadi mesin penghasil hasil dan harus menghasilkan hasil yang Anda cari. Strategi pemasaran buku yang efektif akan menggabungkan panggilan efektif untuk bertindak di semua tempat yang tepat di setiap halaman situs web.


8. PENULIS MUNGKIN MENJADI PEMBELI


Kebanyakan penulis tidak membosankan. Tapi ingat selalu bahwa rentang perhatian pencari sangat pendek. Ada jutaan pesaing dan situs web yang bersaing, hanya dengan satu klik. Anda hanya memiliki beberapa detik untuk mempresentasikan merek ANDA, posisi ANDA dan alasan utama mengapa seseorang harus membeli buku ANDA. Strategi pemasaran buku yang bagus akan memberikan pesan yang kuat dan menarik hanya dalam beberapa detik.


9. PENDEKATAN PENULIS DAPAT DIBERI SEBAGAI MENJUAL, LEBIH DARI MENGATAKAN


Strategi pemasaran Internet yang efektif dapat dibandingkan dengan memancing. Saat memancing, tidak ada yang melompat ke dalam air, memasukkan kail ke mulut ikan dan mencoba memaksanya untuk menggigit kail. Ini adalah seperti apa banyak strategi penjualan buku - mereka adalah pesan penjualan 'di wajah Anda'.


Jika Anda meneriakkan pesan penjualan Anda, mencoba untuk membungkam kait buku Anda yang sangat bagus di mulut mereka, jangan kaget ketika mereka berenang menjauh. (Pikirkan perasaan ANDA tentang spam, iklan sembulan, obrolan-blab dan iklan). Ini adalah fakta bahwa tidak ada yang suka dijual. Namun pembeli internet senang menemukan apa yang mereka cari.


Sebaliknya, dalam lingkungan ini, Anda harus menawarkan umpan yang tidak dapat ditolak, melalui penggunaan bahasa pemasaran yang efektif. Pembeli (atau dalam hal ini, ikan) kemudian akan berlari, mereka akan memberi tahu semua teman mereka dan mereka akan menggigit kait buku Anda dengan sukarela. Strategi pemasaran buku yang hebat tidak menjual, tetapi lebih memikat pengunjung untuk bertindak.


10. HARAPAN PENULIS MUNGKIN DITETAPKAN TINGGI


* Jangan memasang situs pemasaran buku dan percaya orang akan secara ajaib muncul begitu saja. Mereka tidak akan.


* Jangan memasang situs pemasaran buku dan mengharapkan orang untuk membeli. Mereka tidak akan.


* Jangan memasang situs pemasaran buku dan yakin Anda sudah selesai. Kamu bukan.


Mengenai bisnis dunia nyata, membangun kesuksesan membutuhkan waktu bertahun-tahun dan banyak upaya. Di lingkungan Internet, membangun toko online Anda mungkin membutuhkan waktu lama - mungkin lebih lama. Ini akan membutuhkan banyak upaya berkelanjutan untuk membuatnya berhasil. Internet bukan peluru ajaib. Bisnis dunia nyata mungkin memiliki beberapa pesaing di ujung jalan. Bisnis internet Anda memiliki jutaan pesaing, semuanya bersebelahan, hanya dengan satu klik.


Hari ini, seluruh dunia adalah basis pembeli buku potensial Anda. Tetapi ini tidak masalah jika Anda tidak belajar seberapa efektif strategi pemasaran buku bekerja di lingkungan Internet saat ini. Jika Anda tidak mendapatkan hasil yang baik, jangan mengeluh. Dapatkan bantuan. Kunjungi grup fokus publisitas gratis di http://www.freepublicitygroup.com. Di sana Anda akan menemukan analisis strategi pemasaran pribadi yang bebas, tanpa biaya, tanpa kewajiban pribadi. Analisis ini akan menjawab semua pertanyaan Anda dan akan memberikan solusi yang kokoh untuk tantangan pemasaran Anda.




Jika Anda merasa bahwa Artikel ini bermanfaat, Anda bisa membagikannya ke keluarga, sahabat,
teman, pacar atau bisa juga kalian share ke Facebook, Twitter, WhatsApp, Pinterest & LinkedIn
.

Silahkan tulis komentar Anda sesuai dengan topik halaman berita ini. Komentar yang berisi SPAM!
tidak akan ditampilkan sebelum disetujui oleh team kami. (berkomentarlah dengan baik dan sopan)

Seluruh isi konten adalah sepenuhnya hak milik Mediatizen, jika mengambil isi konten dari
Mediatizen, harap mencantumkan sumber konten website Mediatizen. Seluruh isi konten
Mediatizen, mengandung hak cipta yang diterbitkan oleh para penulis (kontributor) Mediatizen.com.

loading...


Apa Reaksimu?

{{ postReactions[reaction] }}
{{ reaction }}
Author
Penulis Terverifikasi
manusia tak ada yang sempurna :)
Mulai Mendunia, Sudah Tahu Sejarah Batik yang Jadi Warisan Budaya Indonesia?
Jangan hanya sekadar mengenakannya, batik pun punya sejarah panjang di baliknya
Rumah Gadang adalah salah satu simbol Minangkabau.
"Rumah Gadang" dari Sumatera, Indonesia
Strategi Memposisikan Diri Sebagai Pakar, Ciptakan Kekayaan Dan Ketenaran Melalui Tulisan Buku
Strategi Memposisikan Diri Melalui Tulisan Buku
Mengubah Wajah Panama
Wajah Panama
atau untuk menulis komentar

BERITA ACAK
Hari Istiqlal: Sejarah Pertama Bung Karno, Hingga Diresmikan Oleh Soeharto
Ide pembangunan masjid ini tercetus setelah empat tahun Proklamasi Kemerdekaan R...
G-Friend Tampil Dalam 'Yoo Hee Yeol's Sketchbook' Untuk Mempromosikan Album Terbarunya
G-Friend Ungkap Promosi Dengan Koreografi Intens Selama 5 Tahun Buat Tubuh Merek...
Penjelasan Dukcapil Kemendagri Soal Pergantian (Jenis Kelamin) Nama Lucinta Luna
Pergantian Nama Jenis Kelamin Lucinta Luna...
100 Persen Berhasil Cara Atasi Penayang Iklan Google Adsense Yang Dibatasi
Google Adsense Dibatasi, Penayang Iklan Google Dibatasi, Cara Atasi Iklan Adsens...
ARSIP