IKUTAN DAPETIN GIVEAWAY
GRATIS DI MEDIATIZEN.COM

MAU DONG!

Panduan

Pengertian dan Istilah-Istilah


MEDIATIZEN

Adalah aplikasi untuk berbagi informasi dengan beragam format (tulisan, foto dan video), yang seluruh kontennya berasal dari masyarakat (Citizen Journalist).


SAHABAT MEDIATIZEN

Adalah sebutan bagi masyarakat atau Citizen Journalist yang terdaftar dalam sistem aplikasi Mediatizen, memperoleh akses dan menggunakan fitur dan layanan Mediatizen, dan mengirimkan konten ke aplikasi Mediatizen.


PEMBACA

Adalah setiap orang yang mengakses Mediatizen, tetapi tidak bisa menempatkan konten.


PENGELOLA

Adalah pihak yang memiliki akses untuk memoderasi dan mengelola konten di aplikasi Mediatizen. Pengelola bertugas memantau konten, mengelola tulisan yang masuk, memproses verifikasi akun, dan menjalin komunikasi dengan para SAHABAT Mediatizen. Pengelola memiliki hak menghapus konten yang melanggar ketentuan, menyunting konten, mengatur waktu penayangan konten, melayangkan peringatan, dan memblokir akun.


ARTIKEL

Adalah tulisan karya Citizen Journalist yang berbentuk non fiksi (berita, esai, ulasan) maupun fiksi, yang dikirimkan dan dimuat di aplikasi Mediatizen.


KONTEN

Adalah materi yang ditempatkan ke dalam sistem dan/atau ditayangkan di Mediatizen, terdiri dari tulisan, file foto dan bentuk grafik dua dimensi lainnya, video, dan audio, serta komentar. Konten juga termasuk materi yang diunduh, ditautkan atau dilekatkan ke dalam materi yang ditayangkan di Mediatizen.


Panduan PeMediatizenan Artikel


  1. Judul artikel harus menggambarkan isi tulisan dan tidak menggunakan huruf kapital.
  2. Sebuah artikel atau tulisan minimal memuat 200 kata untuk jenis non fiksi dan 100 kata untuk kategori prosa atau puisi. Jumlah kata optimal untuk tiap tulisan adalah 300-400 kata.
  3. Agar bisa medapat respon yang baik dari pembaca, disarankan untuk meMediatizen dengan topik yang menyangkut kehidupan sehari-hari. Misalnya tips-tips, atau segala hal yang mempunyai manfaat langsung bagi para pembaca.
  4. Disarankan agar peMediatizen menyertakan pula foto yang menarik sebagai pendukung tulisan. Alangkah lebih baik bila fotonya lebih dari satu.
  5. Gaya bahasa peMediatizenan sebaiknya menggunakan alur piramida terbalik, dengan kosakata yang mudah dipahami, sehingga tulisan lebih mengalir.
  6. Usahakan membuat paragraf pendek, sekitar 3-4 baris saja per-paragraf dan cobalah membuat satu kesimpulan dari isi tulisan di paragraf akhir.


Ketentuan dan Tata Aturan Pemuatan Konten


  1. Sahabat Mediatizen wajib memastikan bahwa konten tersebut tidak menimbulkan masalah terkait SARA, gender, orientasi seksual, usia, atau kecacatan fisik. Sahabat Mediatizen juga tak diperkenankan memuat konten yang melanggar norma kesusilaan, mengandung unsur cabul dan pornografi.
  2. Tidak diperkenankan bagi sahabat Mediatizen untuk memuat konten yang mengancam keselamatan, memfitnah, mencemarkan nama baik, menipu, mencurangi, dan/atau menimbulkan kebencian pada individu atau kelompok tertentu.
  3. Sahabat Mediatizen dilarang menyebarkan ideologi atau ajaran tertentu yang melanggar hukum yang berlaku di wilayah Republik Indonesia. Juga tak diperkenankan mengajak, memaksa, orang atau kelompok untuk berafiliasi pada pribadi atau kelompok /partai politik tertentu.
  4. Konten berisi iklan atau promosi untuk membeli produk barang atau jasa tertentu sangat dilarang untuk diposting, termasuk mengarahkan pengunjung ke sumber asli konten di luar Mediatizen.
  5. Sahabat Mediatizen dilarang keras menjiplak atau menyontek atau menyalin-tempel (copy-paste) sebagian atau seluruh konten milik orang atau pihak lain tanpa maksud menciptakan konten baru sebagai karya yang orisinal. Juga tidak diperkenankan melakukan aksi plagiarisme dalam bentuk dan untuk alasan apapun.
  6. Pemuatan konten yang mengandung virus, yang dapat mengganggu perangkat lunak (software) maupun keras (hardware), amat dilarang.
  7. Sahabat Mediatizen menempatkan dan menayangkan Konten dengan kesadaran sendiri dan tanpa paksaan, dan bersedia bertanggung jawab penuh atas seluruh Konten yang ditayangkan.


Kewenangan Pengelola


  1. Terkait Konten yang telah ditempatkan ke dalam sistem Mediatizen, Pengelola/Editor berhak untuk menghapus isi konten yang melanggar Syarat dan Ketentuan dengan atau tanpa pemberitahuan kepada Sahabat Mediatizen.
  2. Pengelola/Editor berhak menempatkan gambar sebagai ilustrasi atau pelengkap tulisan jika diperlukan. Pengelola/Editor menjamin foto yang ditempatkan tidak bertentangan dengan Syarat dan Ketentuan.
  3. Pengelola/Editor berhak mengoreksi kekeliruan kode-kode HTML, termasuk mengoreksi penggunaan jenis huruf dan ukurannya, yang dapat mengganggu tampilan Konten secara keseluruhan.
  4. Pengelola/Editor berhak menyunting Judul, Isi, Tag, Jenis dan Kategori konten, juga mengubah waktu tayang Konten.
  5. Pengelola/Editor berhak untuk memblok keanggotaan Sahabat Mediatizen yang melanggar tata aturan pemuatan konten, tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.


Tujuan utama kami adalah menciptakan komunitas interaktif yang bermanfaat, informatif, aman, dan menyenangkan. Karenanya diperlukan beberapa aturan yang harus dipatuhi tanpa kecuali untuk dapat berpartisipasi di Mediatizen.


Mediatizen adalah tempat kamu menyalurkan ekspressi dan curhat kamu berupa tulisan, foto, atau video tentang pengalaman yang kamu miliki. Baik itu opini, informasi di sekitarmu, pengalaman perjalanan, kuliner, berbagai kejadian yang kamu temui hingga karya-karya lain yang bermanfaat untuk masyarakat banyak.

Mediatizen Publisher

Mediatizen membuka kesempatan bagi komunitas dan entitas media baik cetak maupun online yang ingin menambah channel distribusi konten dengan membuka akun Mediatizen tipe publisher. Fitur ini memungkinkan entitas media cetak maupun online untuk mengundang penulis-penulis yang sesuai untuk menjadi kontributor di akun Mediatizen publishernya. Anda dapat membuat akun Publisher dengan mengisi "FORM PUBLISHER". Tim Komunitas akan melakukan peninjauan ulang terhadap profil Anda sebelum membuka akses pembuatan akun Publisher.

Ketentuan Aktivitas

Kami percaya bahwa informasi bisa datang dari mana saja. Oleh karena itu kami akan selalu berusaha menjadikan Mediatizen sebagai platform terbuka untuk memperoleh dan menyalurkan informasi, ide, aspirasi dan kreativitas bagi semua orang. Bantu kami untuk menjaga dan membesarkan komunitas ini.

Dengan mematuhi Panduan Komunitas berikut ini, Anda telah membantu menjaga Mediatizen menjadi platform yang aman dan nyaman bagi semua orang. Pelanggaran terhadap batasan-batasan ini dapat mempengaruhi aktivitas Anda selama berada di Mediatizen yang dapat menyebabkan Story, Komentar, Nama Akun, Nama User, Foto Profil dan Bio yang Anda buat kami moderasi, batasi, hapus bahkan hingga menyebabkan akun Anda kami nonaktifkan. Berikut adalah beberapa hal yang wajib Anda patuhi selama menggunakan Mediatizen.

Apa yang dapat kami lakukan?

A. MODERASI

Apakah akan ada proses sensor?

Kami akan melihat dan menilai kondisi yang memerlukan aksi sensor baik untuk story, komentar, ataupun konten-konten yang pengguna masukkan dalam Layanan. Anda bebas namun terbatas untuk menyampaikan pendapat apapun dalam wadah atau fitur yang telah tersedia di Mediatizen. Tim Redaksi dan Tim Komunitas kami memiliki peranan untuk dapat menilai apakah kontribusi Anda sesuai atau tidak dengan Panduan Komunitas, Ketentuan Layanan, Kebijakan Privasi, dan ketentuan lainnya yang kami buat.

Moderasi Komentar

Mediatizen memberikan kebebasan bertanggungjawab di bagian komentar. Anda akan melihat suatu komentar di Mediatizen dengan risiko yang menjadi tanggungan pengguna.

Proses Penyuntingan terhadap konten atau story pengguna

Mediatizen berhak melakukan proses penyuntingan Story dari pengguna yang akan dipromosikan ke Timeline, dipilih menjadi Editor Pick maupun media sosial Mediatizen sebagai bentuk tanggung jawab Mediatizen kepada penggunanya. Penyuntingan terkait perbaikan ejaan dan visual Story, termasuk menambahkan ilustrasi yang mendukung, tanpa mengubah isi Story. Story user yang tidak dipromosikan ke Timeline, dipilih menjadi Editor Pick maupun media sosial Mediatizen tidak akan disunting.

Promosi Story

Mediatizen dapat mempromosikan Story Anda dan menjadikannya sebagai bahan atau sumber informasi untuk diolah lebih lanjut menjadi Story oleh tim editorial Mediatizen. Promosi dilakukan dengan menempatkan Story di timeline platform Mediatizen dan akun media sosial Mediatizen. Dalam hal demikian, dengan setuju pada Peraturan dan Kebijakan Pengguna Mediatizen, Anda memberikan hak penayangan kepada kami terhadap Story yang kami promosikan tersebut untuk digunakan sepenuhnya, baik secara komersial maupun non-komersial, atas diskresi pihak Mediatizen sepenuhnya. Promosi yang dilakukan Mediatizen tetap tunduk pada ketentuan hak kekayaan intelektual di Indonesia, termasuk adanya pencantuman nama atau hyperlink akun Mediatizen Anda, sebagai hak moral yang didapatkan.

Keputusan mempromosikan Story sepenuhnya hak Mediatizen dengan kriteria sebagai berikut:

  • Tulisan, foto, komentar, atau video yang memiliki story telling yang kuat.
  • Tulisan, foto, komentar, atau video yang mengandung informasi baru atau informasi eksklusif.
  • Tulisan, foto, komentar, atau video dengan unsur estetika yang baik.
  • Tulisan, foto, komentar, atau video yang berpotensi viral.
  • Tulisan, foto, komentar, atau video yang mengandung unsur emosional kuat: menggugah, menggelitik, satirikal tapi mengajak orang berpikir, mengajak orang berinteraksi, humor, memompa semangat, dan inspiratif.

B. PENGAKHIRAN DALAM PANDUAN KOMUNITAS

Kami ingin selalu memastikan Anda untuk selalu aman sebagai pengguna Platform kami. Oleh karena itu, kami akan menghapus konten-konten, menonaktifkan akun, menutup akun, melakukan upaya-upaya yang wajar dan bahkan dapat bekerja sama dengan para penegak hukum apabila kami percaya bahwa terdapat risiko atau ancaman terhadap keamanan dan kenyamanan publik.

Beberapa alasan mengapa akun pengguna kami tutup ataupun kami non-aktifkan, hal ini termasuk namun tidak terbatas pada: (i) pelanggaran yang berulang terhadap Ketentuan Layanan atau Panduan Komunitas berikut dengan ketentuan turunannya; (ii) adanya kasus penyalahgunaan atau aktivitas atau tindakan abusive yang parah (misalnya eksploitasi seksual anak, spam, atau yang mengancam nyawa seseorang); atau (iii) akun-akun yang bertujuan untuk melanggar ketentuan-ketentuan yang kami buat, termasuk juga yang sekiranya melanggar peraturan perundang-undangan di Indonesia (misalnya fitnah, pelecehan, plagiasi atau peniruan terhadap karya atau hak cipta orang lain tanpa adanya pencantuman atau kredit dari si pemegang hak cipta yang bersangkutan).

Kami berhak memoderasi, menon-aktifkan dan/atau menghapus akun pengguna yang ditemukan melanggar ketentuan Panduan Komunitas, atau atas diskresi internal kami sendiri. Status non-aktif tersebut membuat Anda tidak bisa melakukan aktivitas di dalam Mediatizen selain membaca. Jika anda merasa akun anda dinonaktifkan ataupun ditutup oleh kami, baik karena kesalahan/error atau karena alasan-alasan seperti pelanggaran kebijakan-kebijakan yang kami buat, maka anda dapat mengirimkan pemberitahuan keberatan dengan mengirimkan email ke lapor@mediatizen.com dengan menyertakan subjek Konfirmasi Pelanggaran Panduan Komunitas

C. FORMULIR PEMBERITAHUAN KEBERATAN (Counter Notification)

Jika Anda percaya bahwa akses Anda ke Layanan Mediatizen telah dinonaktifkan atau dihentikan ataupun akun Anda ditutup, baik karena kesalahan error ataupun karena adanya pelanggaran terhadap ketentuan-ketentuan yang kami buat, Anda dapat mengajukan pemberitahuan keberatan disertai dengan alasan-alasannya. Namun, pastikan Anda telah membaca seluruh ketentuan kami yang terdapat di Ketentuan Layanan, Panduan Komunitas, dan Kebijakan Privasi kami.

Dengan mengajukan pemberitahuan keberatan ini, Anda menyetujui bahwa informasi yang terdapat di dalamnya akan diungkapkan kepada pihak yang terkait (misalnya kasus hak cipta, kami berhak membagikan keberatan Anda kepada pihak/orang yang meminta konten yang Anda bagikan melalui akun Anda untuk dihapus karena memiliki dokumen-dokumen pendukung yang sah dan lengkap (pelapor awal)). Kami tidak akan membagikannya kepada pihak lain, kecuali peraturan perundang-undangan menyatakan sebaliknya. Pelapor awal dapat saja menggunakan informasi tersebut sebagai dasar mengajukan gugatan atau laporan atau menjadikannya sebagai bukti untuk melanjutkan proses hukum agar tetap mempertahankan konten atau komentar Anda yang dihapus.

Pemberitahuan Keberatan hanya dapat diajukan oleh orang yang berwenang atau perwakilannya yang sah, misalnya dalam kasus hak cipta, si pencipta sendiri atau pemegang hak cipta konten yang bersangkutan yang dapat mengajukan Pemberitahuan Keberatan tersebut kepada kami.

  1. Informasi Anda
  • Nama Lengkap sesuai dengan Identitas (bukan nama perusahaan)
  • Jenis dan Nomor identitas
  • Alamat email
  • Alamat sesuai dengan identitas
  • nomor telepon
  1. Identifikasi URL(s)
  2. Harap masukkan URL(s) beserta screenshot dari story atau konten yang Anda masukkan ke dalam Layanan yang telah dihapus. URL tersebut harus dengan format sebagai berikut: https://mediatizen.com/ (https://mediatizen.com/kontributor) accountname/linkstory
  3. Pemberitahuan Keberatan harus mengandung tautan yang spesifik atas materi yang telah dihapus.
  4. Persetujuan terhadap Pernyataan
  • Saya setuju, meskipun saya berada atau tinggal di luar Negara Republik Indonesia, terhadap yurisdiksi Pengadilan Negeri Jakarta Selatan atau hukum Negara Republik Indonesia, dan menerima setiap proses ini sesuai dengan hukum yang berlaku dalam yurisdiksi tersebut.
  • Saya bersumpah/berjanji bahwa saya memiliki iktikad baik atas pengajuan Pemberitahuan Keberatan ini terhadap materi atau konten yang telah dihapus atau dinonaktifkan di sini.
  • 5.Penandatanganan
  • Pemberitahuan Keberatan membutuhkan tandatangan fisik atau elektronik, ataupun tanda tangan dari perwakilan yang berwenang untuk mewakili Anda, seperti konsultan atau pengacara. Untuk memenuhi persyaratan ini, Anda juga harus menyertakan nama lengkap Anda (sesuai dengan identitas Anda) di bagian bawah surat tersebut.

Anda dapat mengirimkannya melalui email, ke alamat kami di lapor@mediatizen.com

Setelah memproses Pemberitahuan Keberatan Anda dengan meneruskannya kepada pelapor awal, Anda memiliki waktu 7 (tujuh hari) waktu kerja untuk memberikan kepada kami dengan respon, atau apabila diperlukan, kami akan menjembatani Anda dengan pelapor awal agar dapat menyelesaikannya secara bipartit, dan setelah kedua belah pihak setuju, maka kesimpulan tersebut akan kami tuangkan dalam berita acara sebagai pijakan kami melakukan upaya selanjutnya. Apabila tidak dapat diselesaikan, Anda dan pelapor dapat menempuh jalur-jalur hukum sesuai prosedur yang diatur dalam peraturan perundang-undangan.

D. BATASAN KONTEN DAN PENGGUNAAN PLATFORM Mediatizen

Hak Kekayaan Intelektual: Setiap pengguna platform Mediatizen harus menghargai hak cipta, hak merek, dan hak-hak kekayaan intelektual orang lain. Bagikanlah konten yang Anda miliki sendiri atau Anda berhak untuk membagikannya.

Jika Anda tidak memiliki izin ataupun lisensi terhadap karya-karya yang hak ciptanya atau hak kekayaan intelektualnya milik orang lain (dengan tunduk pada ketentuan pembatasan pelanggaran kekayaan intelektual, seperti penggunaan berkeadilan (fair use)), maka jangan gunakan konten tersebut untuk diunggah melalui Akun Anda.

Merek Dagang: Mediatizen memiliki hak untuk menangguhkan akun-akun atau melakukan tindakan-tindakan yang dianggap perlu ketika seseorang menggunakan merek atau merek dagang orang lain, termasuk nama dan/atau logo bisnis pihak lain (termasuk penggunaan logo atau nama dagang Mediatizen), yang digunakan dengan cara menyesatkan atau membingungkan orang lain. Ketentuan lebih lanjut tersedia pada Ketentuan Layanan (terms of service) dan Ketentuan Merek Dagang.

Hak Cipta: Kami akan merespon terhadap laporan yang jelas dan lengkap mengenai adanya pelanggaran hak cipta. Anda tidak diperbolehkan untuk memberikan konten atau komentar atau sejenisnya yang melanggar hak cipta orang lain, termasuk namun tidak terbatas pada plagiasi terhadap konten yang dimiliki oleh pihak lain, Prosedur mengenai hak cipta tersedia pada Ketentuan Layanan (terms of service) dan Ketentuan Hak Cipta.

Kekerasan Eksplisit (graphic violence), Konten Dewasa, dan Materi NSFW (Not Safe for Work)

Kami menilai bahwa kekerasan eksplisit adalah segala macam bentuk konten yang mengandung darah berkaitan dengan kematian, luka serius, kekerasan, atau prosedur-prosedur bedah. Sedangkan, konten dewasa adalah segala macam bentuk konten berbau pronografi dan/atau yang mungkin ditujukan untuk menimbulkan gairah seksual.

Sebagai tambahan, konten yang mengandung mutilasi, hubungan seksual atau ketertarikan antara manusia dengan hewan (bestiality), atau hubungan seksual atau ketertarikan antara manusia dengan mayat, pada derajat tertentu, tidak diperbolehkan berada di platform Mediatizen.

Materi NSFW termasuk diantaranya Konten Dewasa, perjudian, kekerasan, dan/atau konten terhadap barang atau jasa yang melanggar peraturan perundang-undangan. Mediatizen mengizinkan beberapa bentuk konten yang mengandung kekerasan eksplisit dan/atau konten dewasa yang ditandai dengan mengandung konten dewasa atau media sensitif atau Eksplisit. Konten yang mengandung hal-hal tersebut tidak dapat digunakan sebagai bio, foto, nama akun, nama user, ataupun gambar utama. Mediatizen dapat, jika diperlukan, meminta Anda untuk menghapus atau secara diskresinya sendiri menghapus konten-konten yang mengandung kekerasan eksplisit untuk menghormati subjek tertentu atau keluarganya, jika Mediatizen mendapatkan permintaan demikian atau apabila pihak yang berwenang menginginkannya.

Laporan terhadap Kekerasan Eksplisit (graphic violence), Konten Dewasa, dan Materi NSFW (Not Safe for Work) dapat Anda kirimkan melalui email lapor@mediatizen.com dengan menyertakan subjek email Laporan Pelanggaran Panduan Komunitas Mediatizen.

Penggunaan atau Konten yang Melawan Hukum (unlawful use)

Mediatizen bukanlah platform untuk Anda gunakan dalam melakukan tindakan-tindakan yang melawan hukum, namun tidak terbatas kepada penipuan, penggelapan, pencucian uang, membagikan tautan ke pengunduhan yang tidak resmi, pencurian.

Anda tidak diperkenankan menggunakan layanan kami untuk kegiatan apapun atau yang bertujuan melanggar ketentuan hukum dan/atau peraturan perundang-undangan. Dengan menggunakan platform Mediatizen, Anda setuju untuk tunduk dengan seluruh hukum yang berlaku berkaitan dengan perilaku dan konten Anda.

Laporan terhadap penggunaan atau konten yang melawan hukum dapat Anda laporkan melalui email lapor@mediatizen.comdengan menyertakan subjek email Laporan Pelanggaran Panduan Komunitas Mediatizen.

Penyalahgunaan Badge Mediatizen

Anda tidak diperkenankan untuk menggunakan badge, termasuk namun tidak terbatas pada dipromosikan atau diverifikasi, kecuali yang disediakan secara sah oleh Mediatizen. Akun-akun yang menggunakan badge dengan tidak sah sebagai bagian dari foto profil mereka, foto utama Story mereka, nama tampilan, atau dalam bentuk dan cara apapun yang salah dalam penggunaan badge tersebut, maka Akun tersebut akan ditangguhkan sementara.

Laporan terhadap penyalahgunaan badge Mediatizen dapat Anda kirimkan melalui email lapor@mediatizen.com dengan menyertakan subjek email Laporan Pelanggaran Panduan Komunitas Mediatizen.

Penyalahgunaan nama, logo, merek dagang, dan/atau Kekayaan intelektual lainnya milik Mediatizen

Pengguna platform Mediatizen tidak diperbolehkan menggunakan nama dan/atau logo-logo yang dimiliki Mediatizen, baik di dalam akun pengguna, bio, maupun media lainnya, kecuali mendapatkan izin tertulis sebelumnya dari pihak Mediatizen yang berwenang. Penyalahgunaan nama, logo, merek dagang, dan/atau kekayaan intelektual lainnya milik Mediatizen, termasuk namun tidak terbatas pada hal-hal sebagai berikut:

  • menggunakan kata Mediatizen. logo-logo yang dimiliki Mediatizen, dan/atau nama perusahaan PT Dynamo Media Network ataupun afiliasinya sebagai nama akun, bio, ataupun gambar yang digunakan pada akun pengguna tersebut dan atau di tempat-tempat dan bentuk lain, kecuali akun resmi yang dikeluarkan oleh Mediatizen;
  • menggunakan nama atau mengatasnamakan Mediatizen atau mengaku sebagai jurnalis atau karyawan Mediatizen, baik yang dicantumkan dalam akun atau bio pengguna tersebut ataupun terhadap pihak ketiga ataupun disebutkan dalam story-story pengguna tersebut, kecuali yang diverifikasi resmi oleh Mediatizen; atau
  • kegiatan-kegiatan atau aktivitas-aktivitas lainnya yang pengguna lakukan di dalam platform Mediatizen, ataupun di luar platform Mediatizen yang dapat merugikan platform Mediatizen, dengan cara menggunakan nama Mediatizen atau PT Dynamo Media Network dan/atau afiliasinya, logo-logo, merek dagang, dan/atau Kekayaan intelektual lainnya yang dimiliki Mediatizen, tanpa adanya izin tertulis terlebih dahulu dari perwakilan Mediatizen yang berwenang.
  • Penyalahgunaan nama pengguna dapat Anda laporkan melalui email lapor@mediatizen.com dengan menyertakan subjek email Laporan Pelanggaran Panduan Komunitas Mediatizen.

Memperjualbelikan nama pengguna: Anda tidak diperbolehkan untuk menjual atau membeli nama-nama pengguna pada platform Mediatizen.

Penggunaan Email Berbeda untuk Tujuan Negatif: Mediatizen tidak menyetujui penggunaan akun yang banyak bagi satu orang pengguna. Dengan penggunaan email yang tidak benar, mengindikasikan bahwa Anda berniat untuk melakukan sesuatu dengan alasan yang tidak benar di Mediatizen. Anda juga tidak diperbolehkan membuat akun untuk melakukan pemalsuan persona dari pengguna lain.

Username squatting/URL Abuse nama-nama pengguna di platform Mediatizen/URLs sepenuhnya dimaksudkan untuk penggunaan dan kenikmatan seluruh pengguna platform kami. Beberapa hal yang kami pertimbangkan dalam menilai apakah tindakan tertentu adalah kegiatan pengokupasian nama-nama pengguna di platform Mediatizen:

  • banyaknya akun yang dibuat;
  • pembuatan akun-akun yang bertujuan untuk mencegah orang lain menggunakan nama-nama akun yang bersangkutan;
  • pembuatan akun-akun yang bertujuan untuk menjual akun-akun tersebut; dan/atau
  • penggunaan konten pihak ketiga untuk memperbaharui dan memelihara akun tersebut dengan nama pihak ketiga tersebut.

Laporan terhadap penyalahgunaan nama pengguna dapat Anda kirimkan melalui email lapor@mediatizen.com dengan menyertakan subjek email Laporan Pelanggaran Panduan Komunitas Mediatizen.

Story atau Komentar Ganda: Anda diharapkan untuk tidak melakukan pembuatan Story atau komentar yang sama berulang kali di lokasi yang berbeda di dalam Mediatizen.

Perilaku yang Abusive (sangat menyinggung atau menghina)

Agar setiap pengguna platform Mediatizen dapat dengan nyaman dalam mengekspresikan berbagai opini, gagasan/ide, atau kepercayaan mereka, kami melarang perilaku-perilaku yang bersifat abusive (menyinggung atau menghina atau melecehkan), termasuk perilaku yang mengusik, mengintimidasi, mengancam, atau menggunakan rasa takut untuk membungkam pengguna lain dalam platform Mediatizen.

Kekerasan dan Tindakan-tindakan yang Membahayakan Fisik

Anda tidak diperkenankan untuk membuat ancaman kekerasan tertentu atau yang menyebabkan timbulnya tindakan-tindakan yang berbahaya secara fisik secara serius, kematian, atau penyakit-penyakit tertentu secara individual atau pada sekelompok orang. Hal ini termasuk namun tidak terbatas pada ancaman atau mempromosikan tindakan-tindakan terorisme atau ajaran-ajaran yang dapat menyebabkan seseorang atau lebih membahayakan fisiknya.

Anda tidak diperkenankan, melalui atau menggunakan platform kami, untuk berafiliasi dengan organisasi-organisasi - baik dengan pernyataan mereka sendiri atau dengan aktivitas yang mereka lakukan baik di dalam dan di luar platform menggunakan atau mempromosikan kekerasan melawan warga sipil atau pemerintah atau kepala negara atau hal-hal yang mengancam nyawa seseorang atau lebih dan/atau mengancam keamanan dan ketertiban umum.

Penyebaran Informasi berupa promosi, kampanye, atau aktivitas serupa berkaitan dengan Politik pembicaraan atau konten perihal isu-isu politik adalah bagian penting dalam membangun komunitas platform kami. Namun, pembicaraan atau konten demikian sering dapat memanas karena berpotensi memunculkan pandangan yang bersifat menyerang atau glorifikasi terhadap individual, sekelompok orang, organisasi atau entitas tertentu lainnya. Sering kali pembicaraan atau konten terkait dengan politik menciptakan informasi yang tidak benar atau palsu, sehingga dapat menyesatkan para pengguna platform Mediatizen.

Perdebatan atau konten yang kontroversial dan berpotensi merangsang atau menghasut orang lain, mendorong orang lain untuk memilih kandidat atau isu-isu tertentu, memposting berlebih terhadap kandidat (baik individual, komunitas, partai, atau entitas tertentu lainnya), pencalonan, atau isu-isu tertentu berkaitan dengan politik, merupakan beberapa konten atau aktivitas yang tidak diperbolehkan berada dalam platform Mediatizen. Anda tidak diperbolehkan menggunakan platform kami sebagai milis atau media dalam berkampanye. Kami berhak untuk menghapus pembicaraan atau konten-konten yang demikian tanpa adanya pemberitahuan terlebih dahulu kepada penulis. Dan apabila atas penilaian kami, konten atau pembicaraan tersebut sudah di luar batas, kami tidak akan segan untuk menangguhkan, menonaktifkan, atau menutup akun Anda tanpa adanya pemberitahuan terlebih dahulu.

Bunuh diri atau Menyakiti diri sendiri: Anda tidak diperkenankan untuk mendorong atau mempromosikan atau mendukung orang lain untuk bunuh diri atau menyakiti diri sendiri melalui atau menggunakan platform kami. Jika kami menerima laporan bahwa pengguna Mediatizen berada dalam kondisi hendak bunuh diri atau menyakiti dirinya sendiri, kami dapat mengambil langkah-langkah yang diperlukan untuk membantu atau menolong mereka, seperti menjangkau mereka dan/atau memberikan pertolongan atau bantuan seperti informasi kontak yang berhubungan dengan kesehatan mental.

Eksploitasi Seksual Anak dan Perdagangan Manusia Anda tidak diperkenankan untuk mendukung, mempromosikan, atau mendorong adanya eksploitasi seksual anak dan perdagangan manusia.

Laporan terhadap adanya konten tersebut dapat Anda kirimkan melalui email lapor@mediatizen.com dengan menyertakan subjek email Laporan Pelanggaran Panduan Komunitas Mediatizen.

  • Abuse,
  • Tindakan yang Mengandung Kebencian,
  • Ucapan Jahat/kedengkian dan
  • Penyerangan Pribadi

Abuse: Anda tidak diperkenankan terlibat dalam pelecehan ataupun perlakuan kasar yang akan ditargetkan seseorang atau sekelompok orang, ataupun menghasut orang lain untuk melakukannya. Kami menilai bahwa perilaku pelecehan ataupun perlakuan kasar merupakan upaya melecehkan, mengintimidasi, atau membungkam opini, pemikiran, ataupun suara para pengguna lain dalam platform kami.

Anda tidak diperkenankan mengarahkan tindakan yang abusive kepada seseorang dengan mengirimkan konten seksual yang tidak diinginkan dari pengguna, dan menjadikan mereka sebagai objek seksual secara eksplisit, atau dalam bentuk apapun berkaitan dengan hal tersebut.

Tindakan yang Mengandung Kebencian: Anda tidak diperkenankan untuk mendukung, membuat, mempromosikan, atau mendorong adanya tindakan-tindakan kekerasan yang mengancam, mengusik, melecehkan, atau mengganggu orang lain atas dasar agama, kepercayaan, afiliasi agama, suku, ras, etnik, antar golongan, asal negara, orientasi seksual, jenis kelamin, identitas gender, usia, disabilitas, atau penyakit serius.

Hal ini berlaku tidak hanya pada Konten yang pengguna (user) buat, tetapi mencakup gambar atau simbol yang digunakan sebagai profil pengguna, nama pengguna, nama tampilan, ataupun profil pada bio pengguna.

Penyerangan Pribadi: Pengguna diharapkan tidak menyerang atau melakukan penghinaan terhadap pengguna lainnya. Hal ini akan membantu Mediatizen untuk menjadi tempat yang lebih nyaman bagi komunitas. Untuk penyerangan terhadap tokoh masyarakat atau pimpinan negara, serta perkataan-perkataan kebencian kepada mereka, atas penilaian kami, tim Mediatizen dapat menghapus konten-konten yang mengandung hal-hal tersebut. Lebih lagi, apabila ternyata pernyataan atau perkataan tersebut sudah di luar batas, misalnya melecehkan, kami tidak akan segan untuk menangguhkan, menonaktifkan, atau menutup akun yang membagikan pernyataan penyerangan tokoh masyarakat tersebut.

Jika Anda mengalami atau mendapatkan perlakuan yang mengandung hal-hal bersifat negatif atau mengandung kebencian sebagaimana dijabarkan di atas dengan tidak mengandung unsur pelanggaran ataupun ancaman, kami mendorong Anda untuk meresponnya dengan argumen yang sehat.

Laporan terhadap adanya konten tersebut dapat Anda kirimkan melalui email lapor@mediatizen.com dengan menyertakan subjek email Laporan Pelanggaran Panduan Komunitas Mediatizen.

Informasi bersifat Pribadi Anda tidak diperkenankan untuk mempublikasikan ataupun mengunggah informasi pribadi orang lain tanpa izin yang secara tegas diberikan oleh pemilik yang berwenang.

Konten Intim: Anda tidak diperkenankan mengunggah, membagikan, ataupun mendistribusikan konten (baik itu berupa video, foto, cerita, atau jenis konten lainnya) dari seseorang yang dibuat, diproduksi, atau didistribusikan tanpa adanya persetujuan dari mereka.

Dari kedua hal tersebut di atas, Anda tidak diperkenankan untuk memberikan ancaman untuk memaparkan informasi pribadi dan/atau konten intim seseorang, baik secara langsung maupun tidak langsung. Anda tidak diperkenankan untuk meretas atau menerobos informasi digital seseorang.

Laporan terhadap adanya konten tersebut dapat Anda kirimkan melalui email lapor@mediatizen.com dengan menyertakan subjek email "Laporan Pelanggaran Panduan Komunitas Mediatizen"

  • Peniruan Identitas

Di dalam platform kami, Anda tidak diperkenankan untuk meniru identitas seseorang, sekelompok orang, grup, institusi, atau organisasi manapun dengan melakukan cara-cara yang berniat untuk atau bermaksud menyesatkan, membingungkan, atau mengecohkan orang lain. Anda dapat membuat lebih dari satu akun dalam platform kami, namun dalam keadaan apapun, akun tersebut tidak diperkenakan untuk dibuat dengan tujuan untuk terlibat dalam aktivitas spam atau tindakan-tindakan yang abusive.

Laporan terhadap adanya konten tersebut dapat Anda kirimkan melalui email lapor@mediatizen.com dengan menyertakan subjek email "Laporan Pelanggaran Panduan Komunitas Mediatizen" [sertakan URL dari konten yang hendak dilaporkan, bagaimana konten tersebut melanggar Panduan Komunitas atau Ketentuan Layanan Mediatizen, beserta informasi dari pelapor].

  • Minoritas dan kelompok marjinal

Harap berhati-hati dalam membagikan konten ataupun memberikan komentar apapun dalam platform kami yang berkaitan dengan kelompok-kelompok minoritas dan/atau marjinal. Anda tidak diperkenankan untuk membagikan konten ataupun mengirim atau mendistribusikan konten yang bersifat menyinggung, menggertak, melecehkan, mengucilkan, mengintimidasi, ataupun mem-bully kelompok minoritas dan marjinal.

Laporan terhadap adanya konten tersebut dapat Anda kirimkan melalui email lapor@mediatizen.com dengan menyertakan subjek email "Laporan Pelanggaran Panduan Komunitas Mediatizen"

Spam dan Keamanan

  • Anda tidak diperkenankan atau berusaha untuk menggunakan Mediatizen dengan tujuan spam. Di Mediatizen, spam secara umum diartikan sebagai suatu tindakan atau aktivitas dalam jumlah besar dan agresif yang bertujuan untuk memanipulasi atau mengganggu Mediatizen atau pengalaman pengguna Mediatizen dengan tujuan untuk mendorong traffic atau mendorong perhatian terhadap akun, story, komentar, produk, jasa maupun inisiatif lain yang berhubungan maupun tidak berhubungan dengan konten.
  • Beberapa faktor yang kami perhitungkan saat menentukan tindakan pengguna yang kami nilai merupakan aktivitas spam, termasuk dan tidak terbatas pada:
  • Jika Anda mengikuti dan/atau berhenti mengikuti pengguna platform Mediatizen dengan jumlah yang besar dalam jangka waktu tertentu, pada khususnya secara otomatis dengan menggunakan mesin atau bot (terjadi peningkatan dalam mengikuti akun lain maupun peningkatan pengikut secara signifikan dalam waktu singkat .
  • Jika Anda membagikan sesuatu tautan melalui akun Anda tanpa adanya deskripsi maupun penjelasan singkat ;
  • Jika sejumlah pengguna platform Mediatizen memblokir Anda karena adanya mendapatkan kiriman konten dalam jumlah yang sangat besar dari akun anda tanpa adanya persetujuan dari pengguna yang bersangkutan;
  • Jika terdapat banyaknya komplain atau laporan spam yang diajukan kepada pihak kami terhadap Anda;
  • Jika Anda membagikan konten atau komentar atau balasan yang duplikatif atau yang secara substansial memiliki konten yang sama melalui beberapa akun atau beberapa duplikasi menggunakan satu akun, atau membuat duplikasi akun atau membuat akun yang secara substansial sama;
  • Jika Anda mengirimkan balasan atau menyebut (mention) yang tidak diminta dalam jumlah banyak;
  • Jika Anda secara serampangan atau secara agresif terlibat dengan konten (misalnya menyukai, memposting ulang, dan sebagainya) atau berkaitan dengan pengguna (misalnya mengikuti) untuk mengarahkan traffic atau mengarahkan perhatian kepada akun, produk, layanan, atau sejenisnya yang tidak berkaitan;
  • Jika Anda secara berulang kali menggunakan informasi akun dari pengguna lain sebagai milik Anda (seperti bio atau profil URL);
  • Jika Anda memposting tautan-tautan yang menyesatkan, menipu, atau yang berbahaya (seperti tautan ke malware atau halaman clickjacking);
  • Jika Anda membuat akun palsu, atau yang sejenisnya;
  • Jika Anda menjual, membeli, atau mencoba untuk memanipulasi interaksi akun pengguna agar terlihat banyak dengan menggunakan mesin atau bot (seperti pengikut, menyukai, ataupun memposting ulang); dan
  • Jika Anda menggunakan atau mempromosikan jasa pihak ketiga ataupun aplikasi yang diklaim untuk mendapatkan pengikut lebih, agar konten Anda disukai, atau aktivitas sejenisnya.

Laporan terhadap adanya konten tersebut dapat Anda kirimkan melalui email lapor@mediatizen.com dengan menyertakan subjek email Laporan Pelanggaran Panduan Komunitas Mediatizen.

Bagaimana cara melakukan interaksi di Mediatizen?

Ada berbagai cara untuk berinteraksi di Mediatizen

  • Komentar: dengan memberikan komentar, Anda ikut terlibat untuk memberikan umpan balik bagi setiap Story yang dibuat oleh Mediatizenmaupun yang dibuat oleh para pengguna Mediatizen lainnya.
  • Membuat Story: Kami ingin mendengarkan cerita Anda atau informasi apapun yang berkaitan dengan minat Anda. Story Anda dapat berupa teks saja atau dengan tambahan foto, video, audio, GIF dan tautan.
  • Like: Menyukai sebuah Story di Mediatizen dengan memberikan aksi kepada tombol berbentuk hati.
  • Share: bagikan setiap Story yang Anda informatif dan disukai kepada orang lain. Di Mediatizen Anda dapat membagikan sebuah Story baik di dalam aplikasi Mediatizen maupun di aplikasi media sosial yang di luar Mediatizen.
  • Report: Anda dapat melaporkan Story yang dirasa dapat mengganggu komunitas yang ada di Mediatizen. Baik dalam kategori mengganggu seperti, kabar bohong (hoax), pornografi, perjudian, kekerasan, spam, berita SARA, dan konten yang atas barang dan jasa yang melanggar peraturan perundang-undangan.
  • Follow: Anda dapat mengikuti topic mapun profile yang tersedia di Mediatizen.
  • Polling: Anda dapat mengikuti jajak pendapat yang diciptakan oleh Mediatizen.
  • Reader"s Task: Anda dapat menulis Story yang temanya ditentukan oleh Mediatizen.

Bagaimana cara mendaftarkan diri sebagai bagian dari Mediatizen?

Anda dapat menjadi bagian dari Mediatizen pendaftaran melalui akun Facebook maupun Google. Anda dapat melihat kembali ketentuan Privasi kami di sini untuk penjelasan lebih rinci. Profil Anda dapat dikostumisasi, mulai dari foto profil hingga deskripsi diri.

Step by step publish artikel di Mediatizen.

  • 1. Daftar dan miliki akun Komunitas Mediatizen dengan mengakses laman Mediatizen.com.
  • 2. Isi lengkap data yang dibutuhkan
  • 3. Tahap terakhir, Anda bisa menyimpan artikel untuk diverifikasi tim Mediatizen.com.
  • 4. Setelah terverifikasi, artikel akan dipublikasi di Mediatizen.com.

Yuk Genkkk Langsung Coba!


  • Apa itu Mediatizen Creator?


  • Mediatizen Creator adalah platform berbagi konten berdasarkan UGC (User Generated Content atau Konten Buatan Pengguna) di mana kamu bisa berbagi talenta kreatifmu kepada seluruh Indonesia dan mendapatkan pendapatan lebih dari konten yang kamu buat. Kamu bisa membuat artikel, video, dan foto konten di dalam platform Creator ini.


  • Penyebaran yang Luas


  • Dengan lebih dari 5 juta halaman dibaca melalui Mediatizen.com, platform Creator kami akan memberikan kesempatan untuk kontenmu dibaca oleh jutaan millennial Indonesia melalui kanal kami yang beragam.


  • Insentif



  • Lelah akan pekerjaanmu? Dapatkan penghasilan tambahan dari konten yang kamu buat, sehingga kamu bisa berhenti bekerja! Dapatkan sampai Rp 5000 untuk konten asli yang kamu buat, baik dalam bentuk artikel, video atau foto, yang telah disetujui oleh tim editorial kami untuk masuk ke dalam website utama Mediatizen.com.


Perlu diketahui bahwa segala konten yang diterima tim editorial dan telah dibayar oleh Mediatizen.com akan membuat konten tersebut adalah eksklusif milik Mediatizen.com.